Dilema Santan dan Kacang

Santan merupakan bahan makanan yang sering kita jumpai dalam olahan makanan seperti rendang, sayur lodeh, kolak, dan olahan makanan lainnya. Dengan campuran santan inilah makanan akan terasa lebih lezat dan gurih rasanya.
Selain itu, kacang merupakan jenis biji-bijian yang mengandung banyak protein nabati, dan seringkali digunakan untuk berbagai keperluan olahan makanan atau dimakan secara langsung.
Namun, kelezatan santan dan kacang ini tidak semua orang dapat merasakanny, salah satunya adalah istriku yang saat ini sedang hamil pada usia kandungan 11 minggu.
Berawal ketika Desember lalu, saat istriku memasuki usia kehamilan 6 minggu, kelezatan santan tampaknya mulai harus ditinggalkan. Ketika itu aku dan istri sedang dalam perjalanan menuju Yogyakarta dan suatu ketika beristirahat di sebuah rumah makan.

Tak disengaja istriku mengambil telur yang ada bumbu santannya. Kemudian tak lama setelah itu istriku mengalami mual dan kemudian muntah sejadi-jadinya. Sontak membuatku kaget karena awalnya baik-baik saja. Begitu pun dengan kolak, kejadiannya sama persis ketika makan telur bumbu santan tadi.
Dari kejadian itu kami menyimpulkan bahwa makanan "bersantan" dapat membuat asam lambung meningkat pada masa awal kehamilan. Tapi mungkin hanya untuk beberapa orang saja.
~bersambung...

0 komentar:

Posting Komentar